Langsung ke konten utama

Unggulan

PERATURAN DAN REGULASI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

  LANDASAN TI DAN KOMUNIKASI Terdapat tiga landasan dalam teknologi informasi dan komunikasi : • HUKUM MOORE "Kompleksitas sirkuit elektronik terintegrasi untuk biaya minimum telah meningkat sekitar dua kali lipat per tahun" ~ Gordon Moore, CO Founder of INTEL • HUKUM METCALFE "Sambungan jaringan meningkat sebanding dengan kuadrat jumlah node" ~Robert Metcalfe, Ethernet Inventor, Founder 3M • HUKUM COASE (NILAI EFISIENSI) "Perusahaan seharusnya hanya melakukan apa yang dapat mereka lakukan dengan lebih efisien daripada yang lain, dan harus mengalihdayakan apa yang dapat dilakukan orang lain dengan lebih efisien" ~ Prof Coase, Nobel Laurette, Chicago University. REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi siber dan teknologi otomatisasi. Revolusi Industri 4.0 dikenal dengan istilah “Cyber Physical System”. Konsep penerapannya berpusat pada otomatisasi. Dibantu teknologi informasi dalam proses pengaplikasia

ETIKA BISNIS DALAM BIDANG E-COMMERCE


Bisnis dan Etika Bisnis

- Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan individu atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan (laba).

- Etika Bisnis adalah suatu bentuk etika profesi, yang mengkaji prinsip-prinsip etika dan masalah moral atau etika yang dapat muncul dalam lingkungan bisnis. Ini berlaku untuk semua aspek perilaku bisnis dan relevan dengan perilaku individu dan seluruh organisasi.


Pentingnya Etika Bisnis

• Mempertaruhkan nama, harga diri, bahkan nasib manusia yang terlibat

• Bisnis adalah bagian penting dalam masyarakat

• Bisnis membutuhkan etika sebgai pedoman bagi pihak-pihak yang melakukannya

• Dengan memahami etika bisnis, memberi pelajaran bahwa bisnis yang berhasi l tidak hanya untuk  mendapatkan keuntungan semata, melainkan bisnis yang etis dan memlihara hubungan yang baik antar manusia yang terlibat.

Kata Kunci Etika Bisnis

• Morality (Moralitas)

• Behaviour (Perilaku)

• Trust (Kepercayaan)

• Reliability (Dapat dipercaya)

• Responsibility (Tanggung jawab)

• Principle (Prinsip)

• Relationship (Hubungan)

• Choice (Pilihan)


Prinsip Etika Bisnis (1)

• Honesty (Kejujuran)

• Avoid Conflicts (Menghindari konflik)

• Compliance (Kepatuhan)

• Relevant Information (Informasi yang Relevan)

• Law Abiding (Menaati Hukum)

• Fulfilling Commitments (Memenuhi Komitmen)


Prinsip Etika Bisnis (2)

• Tanggung jawab bisnis: dari penjual ke pembeli.

• Dampak ekonomis dan sosial dari bisnis: menuju inovasi, keadilan dan komunitas dunia.

• Perilaku bisnis: dari hukum yang tersurat ke semangat saling percaya.

• Sikap menghormati aturan

• Dukungan bagi perdagangan multilateral

• Sikap hormat (memperhatikan) lingkungan alam

• Menghindari operasi-operasi bisnis yang tidak etis


Prinsip Etika Bisnis (3)

• Prinsip Otonomi. Kemampuan mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran tentang apa yang baik untuk dilakukan dan bertanggung jawab secara moral atas keputusan yang diambil.

• Prinsip Kejujuran. Bisnis tidak akan tahan lama jika tidak dilandasi kejujuran karena kejujuran kunci keberhasilan suatu bisnis.

• Prinsip Keadilan. Tiap orang dalam berbisnis harus mendapat perlakuan yang sesuai dengan haknya masing-masing, artinya tidak ada yang boleh dirugikan haknya.

• Prinsip Saling Menguntungkan. Agar semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan, demikian pula untuk berbisnis yang kompetitif

• Prinsip Integritas Moral. Para pelaku bisnis harus menjaga nama baik pribadi dan perusahaan/organisasi agar tetap dipercaya dan berintegritas tinggi


Masalah Etika Dalam Bisnis (1)

Masalah etika dalam bisnis adalah sebuah masalah, situasi, dan peluang yang dapat diidentifikasi yang mengharuskan seseorang untuk melakukan tindakan yang dapat dievaluasi sebagai tindakan yang benar atau salah.


Etika dalam E-Commerce

- Prinsip otonomi

- Prinsip kejujuran

- Prinsip keadilan

- Prinsip saling menguntungkan


Komentar

Postingan Populer